Mencari pekerjaan di era sekarang ini bukanlah hal yang mudah. Hal itu terbukti dari jumlah pengangguran di Indonesia yang mencapai 7 juta pada bulan Agustus 2017 lalu. Besarnya jumlah pengangguran di Indonesia dimungkinkan terjadi karena tidak seimbangnya antara jumlah penyedia lapangan kerja dan pencari kerja. Padahal, bila melihat negara-negara maju, jumlah anak muda yang memilih untuk berwirausaha cukup banyak. Wirausaha merupakan profesi yang cukup memungkinkan untuk dilakukan dan menjanjikan bagi anak muda saat ini. Peluang untuk berwirausaha atau berbisnis sebetulnya sangat terbuka lebar, terutama bagi anak muda Indonesia. Misalnya dengan berbisnis kuliner, pakaian, elektronika, dan lainnya. Bahkan, saat ini bisnis online tanpa modal pun dapat dilakukan. Selain itu, cara menjalankan bisnis online tanpa modal dapat dipelajari secara otodidak.

 

Bisnis online tanpa modal sangat cocok bagi para pemula yang berniat menjalankan usaha. Bisnis ini tergolong mudah dilakukan, sebab Anda dapat menggunakan fasilitas gratis yang telah banyak tersedia di internet. Bisnis melalui internet tidaklah jauh berbeda dengan bisnis konvensional pada umumnya. Dengan modal atau tanpa modal, Anda dapat mendapatkan keuntungan yang maksimal. Selain itu, Anda juga tidak terikat waktu. Hal-hal yang akan dilakukan atau dikerjakan bergantung pada diri Anda sendiri. Oleh sebab itu, Anda harus pandai mengelola waktu. Waktu-waktu yang Anda miliki dapat menjadi keuntungan yang maksimal apabila Anda mampu mengelolanya dengan baik.

 

Dua contoh bisnis online tanpa modal berikut ini dapat Anda pertimbangkan untuk Anda jalankan. Pertama, menjadi content writer atau penulis lepas. Di era digital saat ini, bisnis online seperti bisnis jual beli produk online telah mendominasi bisnis di internet. Mereka umumnya membutuhkan content writer untuk mengulas produk mereka. Kedua, menjalankan bisnis dropship melalui sosial media. Maksudnya, Anda tidak perlu benar-benar memiliki stok produk yang Anda jual. Anda hanya perlu menemukan pemasok barang atau supplier yang dapat terhubung dengan toko online Anda. Kemudian, pasarkan produk mereka pada para calon konsumen. Pesanan yang telah dilakukan oleh konsumen dapat Anda teruskan pada supplier, dan supplier akan mengirimkan pesanan pada konsumen Anda.

 

Era digital seperti sekarang ini banyak memunculkan model bisnis online. Dropship adalah salah satu dari beberapa model bisnis online yang memiliki banyak keuntungan. Model bisnis ini sangat cocok dilakukan bagi para pemula sebagai batu loncatan dalam berbisnis. Dengan menjadi dropshiper, Anda dapat seolah-olah menjual barang, namun Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun. Anda hanya butuh untuk mengunduh katalog yang disediakan oleh penjual dan kuota internet. Katalog berfungsi sebagai bahan referensi para konsumen untuk membeli produk yang tertera pada katalog.

 

Produk yang dipasarkan melalui cara dropship sangat beragam. Umumnya, produk dengan peminat tertinggi antara lain produk kecantikan atau kosmetik, produk fashion, produk kesehatan, produk elektronik, hingga souvenir. Kunci sukses menjalankan bisnis online tanpa modal ini terletak pada segi pemasaran. Pemasaran yang baik mampu menghasilkan daya beli konsumen yang tinggi. Pelayanan prima juga menjadi bagian dari kesuksesan dropship. Pelayanan yang baik menentukan apakah konsumen akan membeli kembali produk yang Anda tawarkan atau tidak. Jagalah rasa percaya yang telah diberikan oleh konsumen. Penuhi semua kesepakatan, misalnya ketika Anda menjanjikan barang akan tiba dalam waktu lima hari, maka usahakan barang tiba tepat pada waktunya.

 

Selain konsumen, supplier merupakan tonggak utama keberhasilan dropship yang Anda jalankan. Oleh sebab itu, Anda perlu selektif memilih supplier yang akan Anda ajak kerja sama. Selidiki dan pelajari dengan baik calon supplier Anda. Pastikan web page calon supplier Anda terverifikasi. Pilih calon supplier dengan tingkat respon yang tinggi atau tanggap. Sebab, hal itu akan berpengaruh pada alur komunikasi yang akan Anda jalankan dengan konsumen Anda. Lihat kredibilitas supplier melalui testimoni yang diberikan konsumen yang telah menggunakan produk calon supplier Anda, semakin baik semakin bagus. Anda juga perlu memilih supplier yang informatif. Maksudnya, supplier selalu memperbaharui berita mengenai produk, misalnya jumlah produk, produk tersedia, produk kosong, dan sebagainya.

 

Selain memastikan kredibilitas supplier, langkah lain yang perlu Anda pahami untuk menjalankan dropship adalah kepastian produk yang dijual. Bila Anda benar-benar serius menjalankan bisnis dropship, Anda sebaiknya memastikan kondisi real produk pada supplier. Pastikan produk yang dijual supplier aman, dalam arti sah secara hukum atau legal, dan tentunya halal. Bila barang diproduksi oleh brand terkenal, pastikan itu asli. Selain itu, bila barang yang dijual merupakan barang import, baiknya Anda cari tahu lebih banyak tentang barang dan negara asal produksi barang. Mintalah jaminan dari supplier, bila misalnya terjadi barang cacat ketika tiba di tangan konsumen. Supplier wajib bertanggung jawab atas kejadian itu, yakni dengan mengganti barang dengan yang baru.

 

Setelah memahami cara menjalankan bisnis dropshiper, selanjutnya adalah menetapkan harga jual dari dari setiap produk. Dalam menetapkan harga jual, para dropshiper sering kali bingung dalam menentukan harga. Pertama, mereka khawatir harga  yang mereka tetapkan terlalu murah, hingga akhirnya terkesan seperti kerja rodi. Barang laris terjual, namun keuntungan tidak mencukupi. Kedua, harga terlalu mahal. Mereka mayoritas takut apabila harga yang mereka tetapkan tidak dapat bersaing dengan dropshiper lainnya. Kebingungan itu sering kali diperparah ketika sebagian produsen tidak memberikan rekomendasi harga pada dropshiper.

 

Ada yang perlu dipahami oleh para dropshiper dalam menentukan harga jual. Pertama, hitung rumus keuntungan. Rumusnya adalah harga jual dikurangi harga beli. Hitung berapa mark up harga yang harus diberikan. Perhitungkan biaya operasional, seperti kuota internet, pulsa, bensin, dan lain sebagainya. Kemudian, hitung biaya investasi. Biaya investasi diperlukan untuk mengembangkan bisnis Anda. Biaya tak terduga juga harusnya masuk ke dalam daftar penentuan harga jual. Misalnya ketika barang yang dijual basi, kadaluarsa, salah pengepakan, produk rusak, dan lainnya. Anda juga perlu melihat kondisi supply and demand yang ada di pasar. Jika barang banyak beredar di pasaran, Anda dapat menjual dengan harga murah, namun sebaliknya, bila barang masuk kategori langka, Anda dapat menaikkan harga jual Anda. Biaya operasional, biaya investasi, dan biaya tak terduga hanya contoh variable untuk menetapkan harga.  Anda dapat menambahkan variable lain.

 

Itu tadi beberapa cara menjalankan bisnis online tanpa modal. Contoh dominan yang dibahas adalah menjadi dropshiper. Dropshiper  merupakan suatu usaha dengan modal minimum atau bahkan nol sama sekali, untuk mendapatkan keuntungan maksimal. Bagaimanapun, meski Anda sebagai dropshiper, kepuasan pelanggan harus tetap diutamakan untuk memastikan kesetiaan pelanggan. Peluang untuk berwirausaha selalu ada di sekeliling Anda, kesuksesan tentang bagaimana Anda meraih peluang itu. Bisnis online dapat menjadi alternatif berbisnis Anda atau dapat Anda jadikan batu loncatan bagi Anda yang berniat serius mengembangkan usaha.

 

Post Your Thoughts

%d bloggers like this: