Cara Melihat Peluang Usaha di Bidang Jasa dan Langkah untuk Memulainya


Bidang jasa merupakan jenis usaha yang banyak diminati oleh sebagian orang belakangan ini. Produk utama yang dijual atau ditawarkan dalam bidang ini berupa ilmu atau suatu keahlian tertentu. Bentuknya bermacam-macam, mulai dari jasa sol sepatu, cuci baju, tambal ban, percetakan, dan lain sebagainya. Usaha ini biasanya digerakkan oleh perorangan maupun organisasi (perusahaan).  Kabarnya, peluang usaha di bidang jasa ini semakin hari semakin bagus. Apalagi di era kemajuan teknologi saat ini, permintaan jasa menjadi bertambah pesat. Kesempatan setiap orang untuk membuka usaha pada bidang ini sangatlah terbuka lebar. Dengan modal minimal, para pelaku usaha di bidang jasa dapat memperoleh keuntungan maksimal. Untuk mendapatkannya, Anda perlu mengetahui cara menggapai peluang usaha di bidang jasa.

 

Ada banyak sekali keuntungan dengan berbisnis jasa. Keuntungan yang paling utama adalah Anda menjadi pemimpin atas usaha Anda sendiri.  Menjadi pemimpin dalam usaha yang anda miliki berarti Anda berperan dalam perputaran rantai usaha Anda. Pergerakan yang Anda lakukan dapat berdampak langsung pada usaha Anda. Dibandingkan bila Anda bekerja pada sebuah perusahaan besar, upaya-upaya yang Anda lakukan untuk perusahaan mungkin tidak berdampak langsung pada perusahaan, sebab Anda hanyalah rantai kecil dari rangkaian raksasa perusahaan. Membuka bisnis jasa sendiri juga berarti bahwa Anda memegang kendali penuh atas penghasilan dan waktu yang Anda miliki. Itulah sebabnya mengapa bisnis jasa dianggap menguntungkan.

 

Pilihan Peluang Usaha dan Tips untuk Memulainya

Bila Anda berniat untuk membuka bisnis, berikut ini adalah beberapa jenis peluang usaha di bidang jasa yang bisa Anda pertimbangkan untuk anda jalankan. Pertama, jasa potong rambut dan salon kecantikan. Bisnis ini dapat dikatakan sangat menjanjikan. Banyak orang rela mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk membuat penampilannya menarik. Salon seakan dekat dengan kehidupan para wanita terutama.  Kedua, jasa online. Maksudnya adalah jasa ini diberikan pada pelanggan secara online, seperti jasa pembuatan website, pembuatan artikel, hingga jual beli followers. Di era digital seperti saat ini, bisnis online banyak dicari pelaku usaha online. Ketiga, jasa cuci mobil atau motor. Dari tahun ke tahun, jumlah kendaraan di Indonesia semakin banyak. Bisnis jasa cuci kendaraan ini menjadi tren dan dapat bertahan hingga jangka panjang.

 

Apabila Anda telah menentukan pilihan peluang usaha di bidang jasa yang akan Anda tekuni, selanjutnya adalah mengetahui cara memulai usaha itu. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah, menganalisis jenis usaha terkait. Pastikan usaha yang akan Anda jalankan adalah usaha yang Anda minati, dan akan lebih baik bila sesuai dengan pengalaman atau keahlian yang Anda miliki. Setelah itu, tentukan pilihan apakah usaha Anda akan mengikuti selera pasar atau membuat selera pasar baru. Langkah selanjutnya yang tak kalah penting adalah menyiapkan modal. Bila Anda ingin mendapatkan pendanaan dari investor, Anda perlu menyiapkan proposal konsep usaha Anda dengan baik. Setelah modal dipastikan cukup, Anda dapat melakukan strategi pemasaran.

 

Modal dapat dikatakan sebagai hal yang penting dalam sebuah usaha. Sumber modal untuk menjalankan usaha dapat diperoleh dari dana pribadi, pinjaman, maupun investor. Modal yang dibutuhkan untuk satu bidang jasa sangat bervariatif tergantung pada jenis usaha yang dijalankan. Misalnya, ketika Anda ingin membuka usaha cuci kendaraan, setidaknya Anda membutuhkan modal awal 8 juta. Dengan rincian, biaya pembelian kompresor 2 juta, penyemprot  1,5 juta, dan sisanya untuk kelengkapan lain seperti sikat, lap, cairan pembersih, dan lain sebaginya. Berbeda lagi bila Anda ingin membuka usaha di bidang salon kecantikan atau mungkin katering.

 

Dalam perjalanan melakoni bisnis usaha, tentu tidak selamanya mulus. Terkadang, ada beberapa hal yang membuat usaha Anda nampak lesu. Kondisi ini tentu tidak diharapkan oleh semua orang, namun bila ini terjadi langkah yang paling tepat bagi Anda adalah melakukan inovasi. Anda perlu melakukan riset produk dan bisnis. Amati setiap tren yang sedang berkembang. Anda dapat memperkirakan, kira-kira apa yang sedang banyak dibicarakan oleh orang banyak. Riset ini dapat dilakukan melalui sosial media maupun lingkungan sosial.

 

Kreativitas dan inovasi memegang peran yang sangat krusial dalam sebuah bisnis atau usaha. Salah satu penentu kesuksesan sebuah usaha adalah kreativitas dan inovasi. Peluang usaha di bidang jasa memang terbuka lebar, namun persaingannya juga semakin ketat. Kreativitas dan inovasi dapat dikatakan menjadi senjata para pelaku usaha untuk membentengi diri dari kebangkrutan. Para pelaku usaha dituntut untuk memiliki kreativitas yang tinggi. Kreativitas dan inovasi tidak diperoleh dengan duduk tenang di kursi. Gagasan-gagasan kreatif biasanya muncul dari diskusi-diskusi bersama orang lain, terutama pelaku usaha. Oleh karena itu, penting untuk memperluas jaringan teman bisnis Anda.

 

Selain kreativitas dan inovasi, ada beberapa strategi lain yang diperlukan untuk mencapai keberhasilan usaha. Pertama, selalu berikan pelayanan yang terbaik. Pelayanan yang baik turut andil dalam menentukan apakah pelanggan akan kembali menggunakan jasa Anda atau tidak. Buatlah pelanggan seolah menjadi bagian dari usaha Anda. Berikan rasa percaya. Dengan begitu, akan tumbuh sense of belonging atau rasa memiliki dari pelanggan pada usaha Anda. Kedua, manfaatkan tren sosial media. Sosial media saat ini dapat dikatakan sebagai kehidupan kedua sebagian masyarakat. Banyak hal dibagikan melalui kanal sosial media. Anda dapat memanfaatkannya untuk promosi atau beriklan produk jasa Anda. Ketiga, buat kegiatan bersinergi. Misalnya, ketika Anda memiliki usaha cuci mobil, dan rekan Anda memiliki usaha perangkat modifikasi mobil. Anda dapat berkolaborasi untuk mengembangkan usaha Anda.

 

Setelah membuka usaha, menjalankan usaha, dan menghasilkan banyak keuntungan, Anda sebaiknya jangan berhenti sampai di situ saja. Catatlah semua hal yang berkaitan dengan usaha Anda secara menyeluruh. Data ini nantinya akan sangat menolong Anda untuk mengamati perkembangan usaha Anda, mulai dari kekurangan proses usaha, atau bahkan sebagai alat untuk menentukan langkah dan strategi baru. Jadilah pelaku bisnis yang konsisten, meskipun untuk hal-hal yang sederhana. Perilaku konsisten berdampak pada kebiasaan yang positif, baik untuk diri Anda sendiri maupun orang lain. Tetaplah fokus pada tujuan yang ingin Anda capai. Hal itu dapat membuat Anda mampu mengelola usaha dengan baik.

 

Kesuksesan dalam menjalankan bisnis atau usaha mustahil diperoleh secara instan. Kerja keras dan pantang menyerah adalah sikap yang harus dimiliki oleh Anda yang ingin mengembangkan atau memulai usaha. Bila kedua sikap itu tidak Anda bawa selama menjalankan usaha, jangankan kesuksesan, melihat peluang usaha di bidang jasa pun bahkan mungkin tidak mampu Anda lakukan. Para pelaku usaha membutuhkan mental yang kuat untuk tetap bertahan di tengah persaingan yang ketat, terlebih di era digital saat ini. Semua hal tumbuh dan berkembang dengan begitu cepat. Bila Anda tidak mampu mengimbanginya, bukan tidak mungkin Anda akan terbawa atau bahkan tergerus arus pergerakan usaha lainnya.

 

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cara Melihat Peluang Usaha di Bidang Jasa dan Langkah untuk Memulainya

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in
%d bloggers like this: