Untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dan sehari-hari, banyak orang memilih untuk bekerja, baik itu sebagai pegawai swasta atau pegawai negeri. Tetapi, sedikit jumlahnya yang mencari uang dengan mengambil jalan sebagai pebisnis. Padahal apabila diamati dengan seksama, peluang usaha yang ada di sekitar kita sangat banyak jumlahnya. Oleh karena itulah menjadi wirausaha adalah pilihan hidup yang menguntungkan. Jika masih ragu mengambil usaha dengan modal besar, usaha rumahan dapat dijadikan sebagai langkah awalan dan percobaan. Sudah terbukti bahwa banyak pebisnis handal yang memulai suksesnya dari bisnis rumahan, itulah mengapa bisnis ini sangat disarankan untuk Anda yang ingin belajar berbisnis.

 

Berbagai Keuntungan dengan Menjalankan Bisnis Rumahan

Bisnis dengan skala rumahan dapat menjadi pilihan bagi Anda yang menginginkan usaha yang termasuk usaha modal kecil. Modal yang kecil tentunya tidak terlalu menyulitkan untuk mencari dana, jika terpaksa mengajukan pinjaman ke bank pun tidak terlalu berat resikonya. Tentunya modal tetap diperlukan untuk mengubah peluang bisnis menjadi sesuatu hal yang menghasilkan. Tidak hanya penghasilan yang menjadi manfaat dari bisnis tersebut, namun juga banyak hal lain yang pasti tidak ada jika dibandingkan dengan kerja kantoran. Manfaat-manfaat berikut inilah yang akan didapatkan jika Anda memulai bisnis skala rumahan sebagai sumber penghasilan utama ataupun sampingan.

 

Manfaat yang pertama adalah fleksibelnya waktu yang dapat diatur. Fleksibilitas dalam mengatur waktu adalah kelebihan dari usaha skala rumahan karena Anda sendirilah yang menjadi pengatur waktunya. Tidak heran, usaha ini juga dapat dijadikan sebagai usaha sampingan. Misalkan jika pada pagi dan siang bekerja, namun malam harinya bisa digunakan sebagai waktu untuk bisnis online seperti jasa desain grafis. Tentunya fleksibilitas waktu tersebut sangat menguntungkan, memungkinkan pekerjaan utama dengan bisnis sampingan dapat berjalan secara berdampingan. Hal ini tentunya tidak bisa dilakukan jika bisnis sudah besar, mengingat pemilik usaha harus mengelola bisnis dengan skala besar pula, sehingga justru semakin banyak waktu yang dihabiskan untuk usaha.

 

Apabila seseorang bekerja kantoran atau bekerja yang dibawahi oleh orang lain, tentunya kendali tertinggi ada di tangan atasan. Namun apabila mengelola bisnis rumahan, tentunya kendali penuh atas bisnis tersebut ada di tangan Anda. Hal ini memungkinkan sang pemilik usaha rumahan dapat mengelola usahanya dengan baik. Penerapan inovasi juga dapat diterapkan dengan lebih leluasa karena tidak terikat dengan prosedur dan protokol seperti pada usaha yang sudah besar skalanya. Keleluasaan kendala ini bisa menyebabkan usaha dapat berkembang dengan cepat, karena kendali penuh di tangan Anda, sehingga apabila ada penyesuaian baru yang perlu dilakukan, dapat segera diterapkan. Bandingkan dengan pekerjaan yang mana perlu prosedur tertentu sebelum implementasi sesuatu, tentunya akan sangat merepotkan.

 

Seperti sudah disinggung di bagian awal, usaha rumahan relatif membutuhkan modal yang sedikit. Usaha dengan modal yang relatif sedikit atau usaha modal kecil ini selain tidak memberatkan pemilik usaha juga meminimalkan resiko apabila usaha mengalami kegagalan. Apabila modal kecil, maka tidak begitu sulit mengumpulkannya, bisa dari tabungan atau meminjam. Bahkan untuk beberapa jenis usaha seperti desain grafis, dropshipper, dan lain-lain, nyaris tidak membutuhkan modal, hanya membutuhkan laptop dan koneksi internet serta keahlian. Tantangannya adalah bagaimana memanfaatkan modal yang sedikit untuk mengubah peluang bisnis menjadi keuntungan yang stabil. Tidak perlu besar, yang penting adalah stabil terlebih dahulu.

 

Menjalankan usaha memang berbeda dengan bekerja di sebuah perusahaan. Bekerja di perusahaan atau lembaga lain, pemasukan para karyawan akan dibatasi dengan jenjang karir dan rate gaji karyawan. Konsekuensinya adalah bahkan apabila banyak lembur pun, penghasilan tidak akan berbeda jauh. Hal ini berbeda dengan menjalankan bisnis sampingan. Semakin keras dan totalitas dalam mengelola bisnis, pendapatan pun akan semakin banyak. Hal tersebut karena pemasukan tidak dibatasi oleh rate gaji, murni bergantung kepada banyaknya pelanggan atau produk yang terjual. Terlebih apalagi peluang usaha relatif subur dan selalu dibutuhkan, otomatis semakin keras bekerja, maka uang pun semakin banyak yang didapatkan. Sederhananya adalah dengan menjalankan bisnis maka kita tidak memiliki batasan penghasilan, dan akan terus bertambah seiring kerja keras.

 

Bagi sebagian besar orang yang bekerja di kantor, bertemu keluarga adalah hal yang sangat berharga. Bayangkan, bekerja dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore, belum lagi jika ditambah jam lembur. Waktu bertemu keluarga akan terasa sedikit sekali. Bandingkan dengan orang yang menjalankan bisnis dari rumah, tempat kerjanya adalah rumah, yang bisa selalu dekat dengan keluarga. Hal tersebut juga bisa menjadi solusi untuk pekerja yang membutuhkan uang tambahan namun ingin tetap dekat dengan keluarga, maka bisa dengan menjalankan usaha sampingan. Tidak perlu bekerja di dua tempat yang justru akan semakin menjauhkan diri dari keluarga, lebih baik mengambil bisnis sampingan yang dapat dikerjakan dari rumah. Paduan kedua hal tersebut, tetap bekerja dan usaha dari rumah, akan menghasilkan dua hal yang sama-sama menguntungkan, yaitu penghasilan tambahan dan tetap dekat dengan keluarga.

 

Beberapa orang bekerja di suatu tempat bukanlah mengikuti passion yang dimiliki, melainkan karena faktor gaji besar atau bahkan keterpaksaan. Hal ini mengakibatkan passion Anda tidak tersalurkan dan tidak ada kepuasan batin dalam pekerjaan. Masalah tersebut dapat disiasati dengan membuat usaha, membaca passion menjadi peluang bisnis, dan mendapatkan penghasilan dari hal itu. Misalkan Anda menyukai bidang desain website, maka buatlah bisnis online jasa desain website, selain mendapatkan kepuasan batin, uang pun bisa didapatkan. Beternak hewan peliharaan pun bisa menjadi usaha, seperti beternak burung kicau. Selain melakukan hobi, sekaligus mendapatkan penghasilan tambahan. Tidak perlu modal besar, usaha modal kecil pun cukup, karena untuk mendapatkan kepuasan batin dari passion yang tersalurkan tidak perlu modal yang besar.

 

Ada banyak sekali peluang usaha yang tersedia di sekitar kita, tinggal membaca kebutuhan pasar dan kemampuan apa yang bisa Anda kerjakan. Misalkan jika rumah berada di sekitar lingkungan mahasiswa dan bisa memasak, maka membuka rumah makan khusus menu makan malam bisa menjadi pilihan. Bahkan jika minim peluang di sekitar rumah, carilah di internet. Saat ini bisnis online menjadi hal yang sangat berkembang dan menguntungkan. Bisa berupa toko online, jasa, ataupun reseller. Sehingga, tidak ada alasan untuk mengatakan tidak ada peluang dalam usaha.

 

Bisnis rumahan adalah salah satu pekerjaan yang sangat menjanjikan untuk saat ini dengan berbagai manfaat di dalamnya. Cocok untuk yang ingin full bekerja dari rumah ataupun sekedar menjadi usaha sampingan. Manfaatkan kemampuan yang Anda kuasai untuk mengubah peluang menjadi uang. Sangat disarankan untuk mencari komunitas, mentor, atau jejaring yang dapat mendukung bisnis yang digeluti, supaya lancar menghadapi masalah-masalah dalam berbisnis.

Post Your Thoughts

%d bloggers like this: