Sebagai orang yang bekerja dengan pekerjaan kantoran atau jadwal dan upah kerja yang pasti, tentunya sehari-hari pasti ada saja waktu yang tidak terpakai baik itu untuk istirahat ataupun untuk bekerja. Begitu pula dengan rumah, jejaring, ataupun modal. Semua hal tersebut sebenarnya adalah peluang usaha jika mau dimanfaatkan. Kebutuhan rumah tangga yang semakin meningkat tentunya membuat kita mau tidak mau perlu untuk memiliki pemasukan tambahan. Asal jeli melihat pasar, peluang bisnis, dan mengelola usaha, tentunya pemasukan pun akan terkumpul dengan sendirinya. Usaha rumahan adalah salah satu cara yang banyak ditempuh, karena fleksibel dan bisa dijalankan hanya dari rumah.

 

Tips Menjalankan Bisnis Rumahan untuk Sampingan dan Contoh Usahanya

Menjalankan bisnis sampingan adalah cara terbaik untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Hal ini karena kerjanya yang lebih fleksibel. Serta karena peluang bisnis sangat luas sekali, Anda bisa memilih bisnis mana yang paling sesuai dengan kemampuan Anda. Bahkan untuk yang hanya menyenangi bermain gadget pun, bisnis online seperti membuka toko online pun dapat menjadi pilihan bisnis untuk sampingan. Pekerjaan di kantor bisa mengenal istilah pensiun, tetapi tidak dengan bisnis. Dengan berbisnis sendiri, tentunya akan bisa mempersiapkan kegiatan dan pemasukan saat setelah mencapai usia pensiun. Manfaatnya, tetap akan ada pendapatan dan aktivitas yang berarti bahkan setelah sampai usia pensiun.

 

Seperti namanya, usaha sampingan adalah usaha yang dijalankan beriringan dengan pekerjaan utama. Hal yang sering keliru dilakukan adalah memiliki prioritas yang tidak seimbang antara usaha dan pekerjaan. Usaha tersebut biasanya adalah usaha modal kecil, namun banyak orang yang langsungĀ  berfikir ingin keuntungan yang sangat besar, tanpa mengingat kondisi dirinya yang masih memiliki pekerjaan utama. Hal inilah yang justru membuat usaha rumahan atau usaha selain pekerjaan utama itu gagal, karena mematok pendapatan yang besar, bukan stabil dan berkembangnya bisnis. Contohnya adalah mengambil terlalu banyak pesanan karena tergiur pendapatan banyak, padahal belum bisa memenuhinya, jika tidak mampu memenuhi justru usaha akan hancur karena dianggap tidak profesional dalam berbisnis.

 

Memetakan kebutuhan yang ada di pasar adalah salah satu cara yang efektif untuk melihat peluang bisnis yang ada. Berbisnislah dengan cara memenuhi kebutuhan pasar, bukan dengan menyediakan barang yang tidak dibutuhkan pasar. Bisnis rumahan biasanya mampu memenuhi hal ini, ambillah ceruk pasar yang tidak terlalu besar, namun selalu ada dan stabil. Hal ini dapat membuat bisnis sampingan yang Anda miliki akan terus berkembang, karena mampu menyesuaikan diri dengan kebutuhan pasar. Jangan sampai justru menjual barang atau jasa yang mampu dibuat, tapi tidak dibutuhkan pasar atau tidak bisa bersaing. Salah-salah, bisnis malah akan merugi.

 

Pikirkan hanya hal-hal yang penting dan dibutuhkan saja. Jangan teralihkan perhatian bisnis Anda terhadap hal-hal yang tidak diperlukan, fokuslah hanya kepada promosi dan kualitas produk atau jasa. Minimalkan hal-hal yang tidak diperlukan pada usaha sampingan, apalagi yang baru dirintis, karena akan menjadi beban untuk usaha sampingan Anda. Misalkan jika menjalankan bisnis online berupa toko online, berfokus dahulu terhadap pasar dan barang yang dijual. Tidak perlu memikirkan jauh-jauh untuk membuat website sendiri atau iklan di banyak tempat yang tidak dibutuhkan. Fokuskan untuk promosi dari platform media sosial dan jangkau jejaring terdekat, biarkan bisnis berkembang secara alami dan tidak terburu-buru.

 

Gagal merencanakan berarti merencanakan untuk gagal. Bisnis bukanlah hal yang sepele, sehingga perlu perencanaan yang baik pula. Buatlah rencana yang baik dari hal-hal besar seperti visi, peluang usaha, ciri khas produk, timeline, hingga hal-hal yang detail seperti desain tempat, desain produk, atau alur penjualan barang. Buat juga skema pemasaran yang baik untuk usaha Anda, seperti misalkan pada bisnis online, rencanakan kapan harus posting, di platform apa, seperti apa bahasa yang digunakan, dan lain sebagainya. Perencanaan yang baik akan menghasilkan bisnis yang rapi dan terencana, sehingga walaupun kecil tetapi manfaatnya akan terasa. Buatlah jadwal tahunan, bulanan, bahkan harian tentang apa-apa saja yang harus dikerjakan. Karena waktu akan lebih banyak di pekerjaan utama, maka mengatur waktu dengan baik adalah hal yang wajib dilakukan, supaya efektif dalam memanfaatkan waktu yang sedikit.

 

Jejaring adalah hal yang sangat penting dalam usaha, termasuk pada bisnis rumahan. Umumnya bisnis rumahan akan terkenal tidak melalui iklan di media massa, promosi yang mahal, dan lain sebagainya. Promosi oleh relasi dari mulut ke mulut adalah hal yang sangat efisien, selain gratis, juga dapat menjangkau pembeli potensial. Tidak hanya untuk promosi, jejaring juga sangat penting untuk kelangsungan bisnis. Sebagai usaha yang umumnya termasuk usaha modal kecil, tentunya bantuan dari jejaring akan sangat meringankan, baik itu berupa materiil seperti alat produksi, ataupun non materiil seperti ilmu pemasaran dan lain sebagainya. Rawatlah jejaring yang sudah ada, misalkan dengan mengunjungi, berdiskusi, atau sekedar menanyakan kabar.

 

Urusan modal tidak kalah pentingnya dengan promosi ataupun produksi. Modal menentukan berapa banyaknya produksi awal yang dapat dibuat, menentukan juga berapa kira-kira penghasilan yang dapat diperoleh. Saat ini sudah banyak bank ataupun koperasi yang menawarkan pinjaman modal untuk usaha modal kecil, boleh-boleh saja mengajukan dengan catatan rencana usaha benar-benar matang. Jika belum matang dan kemudian gagal, tentu akan sulit untuk menutupinya. Jika ingin membuat rencana usaha sampingan, pastikan untuk merencanakan juga urusan pemodalan, bisa dengan menabung sendiri ataupun dengan pinjaman. Hati-hati dengan praktek rentenir, teliti dengan baik siapa yang meminjamkan dana apabila untuk hal pemodalan Anda berniat untuk mengajukan pinjaman dana.

 

Ada contoh model usaha rumahan sebagai usaha yang bersifat sampingan yang banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Bisnis laundry menjadi favorit usaha skala rumahan, terutama di daerah yang terdapat banyak karyawan atau mahasiswa yang tidak sempat mencuci bajunya. Modalnya cukup tempat yang agak luas, mesin cuci dan peralatan pendukung, serta untuk gaji karyawan. Untuk yang tidak memerlukan alat-alat yang mahal, les privat menjadi peluang bisnis yang bisa Anda pilih. Cocok untuk kawasan yang terdapat banyak perumahan dan institusi pendidikan. Untuk langkah awal, Anda bisa merekrut tentor dari mahasiswa dengan skema pembagian hasil yang disepakati bersama. Sedangkan untuk yang tidak memiliki tempat yang luas, dapat mencoba usaha seperti desain grafis, penerjemahan, ataupun toko online. Bisnis tersebut lebih kepada keahlian dan keuletan Anda untuk mengerjakannya.

 

Berikut adalah uraian mengenai bisnis sampingan, mulai dari kiat-kiat memulainya hingga contoh bisnis yang dapat dilakukan. Peluang usaha di sekitar sebenarnya banyak sekali, hanya perlu dipelajari dan rencanakan sebaik mungkin. Dalam menjalani bisnis tentunya pasti ada masalah-masalah yang mengganggu. Bergabunglah dengan komunitas atau berjejaring dengan para pelaku usaha yang sudah maju untuk mendapatkan ilmu supaya dapat menangani masalah-masalah tersebut.

 

Post Your Thoughts

%d bloggers like this: