Tips Menjalankan Bisnis Reseller Bagi Pemula


Terjun ke dunia bisnis merupakan langkah alternatif bagi Anda yang bosan menjadi karyawan. Jika melihat banyaknya peluang bisnis yang semakin tumbuh subur di tanah air, Anda pasti tertarik menjadi seorang pebisnis. Masalah awal yang muncul bagi mereka yang belum memiliki pengalaman di dunia bisnis adalah mengenai modal. Banyak yang berpikiran bahwa memulai bisnis pasti membutuhkan modal. Padahal, anggapan ini salah. Tidak semua bisnis membutuhkan modal besar. Jika Anda masih ragu memulai bisnis karena terkendala modal, tidak perlu menjadi produsen. Jadi yang dijual bukanlah produk yang Anda hasilkan sendiri. Menjual produk orang lain juga merupakan cara kreatif untuk memulai bisnis. Untuk memulainya, Anda perlu mengetahui tips menjalankan bisnis reseller bagi pemula.

 

Tips Menjalankan Bisnis Reseller Bagi Pemula yang Ingin Menghemat Modal

Memulai bisnis reseller sebenarnya tidaklah sulit. Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah menentukan produk yang akan dijual. Produk hendaknya spesifik, misalnya produk bayi dan balita buku anak, atau busana muslim. Jika Anda menjual banyak jenis barang, toko Anda tidak akan memiliki ciri khas dan konsumen tidak akan mudah menemukan toko Anda. Setelah menentukan produk, carilah supplier yang tepercaya. Sebagai pemula, pilih satu supplier yang memproduksi atau menjual produk berkualitas dengan harga miring. Informasi mengenai supplier bisa didapatkan dari mana saja. Misalnya dari internet, informasi dari kerabat, teman, atau tetangga. Jika Anda memiliki teman dekat atau relasi yang menjadi supplier produk yang Anda inginkan, jangan ragu untuk menjadikannya sebagai supplier Anda. Ingatlah bahwa bisnis dimulai dari orang terdekat.

 

Jika tidak menemukan kenalan, teman, atau kerabat yang menjadi supplier, jangan ragu mencarinya dari internet. Namun ingat, carilah yang memiliki perform website yang baik. Supplier yang sudah populer pasti memiliki beberapa customer service yang mempermudah proses transaksi. Hindari memilih supplier yang hanya memiliki satu atau dua customer service dan membuat Anda menunggu lama untuk mendapatkan respon.

 

Hal penting lainnya dalam tips menjalankan bisnis reseller bagi pemula adalah dengan mencermati kualitas produk dan popularitas merk produk yang ditawarkan. Jangan menjual produk yang Anda sendiri belum pernah melihatnya. Saat ini, sistem dropship juga sangat populer di kalangan pelaku bisnis online. Berhati-hatilah dengan sistem ini karena sebagai reseller, Anda tidak menerima produk, melainkan produk dari supplier langsung dikirimkan ke customer Anda. Pada banyak kasus, sistem penjualan seperti ini mengecewakan konsumen karena ternyata produk yang dikirim oleh supplier tidak sesuai dengan gambar dan deskripsi yang diberikan.

 

Oleh karena itu, sistem yang paling baik adalah dengan membeli atau mendatangkan sejumlah barang ke toko Anda sehingga Anda bisa me-review terlebih dahulu produk mana yang layak jual dan banyak diminati customer.  Selain itu, produsen atau supplier juga harus memiliki produk yang beraneka ragam dan up-to-date. Jadi, Anda memiliki banyak pilihan produk untuk dijual. Saat ini, cukup mudah menemukan supplier yang memenuhi karakteristik tersebut.

 

Tentukan Toko Atau Media Promosi Anda

Tips menjalankan bisnis reseller bagi pemula selanjutnya adalah membuat toko. Toko tidak harus membeli atau menyewa. Saat ini, banyak kita temukan reseller online yang menjual berbagai produk seperti pakaian anak, jilbab, aksesoris, dan sebagainya. Sebagai pemula, Anda bisa meniru cara ini. Bukalah toko online di beberapa media sosial yang Anda miliki. Upload gambar-gambar produk yang sudah Anda pilih dan tentukan. Berikan deskripsi singkat yang menarik.

 

Selain toko online, Anda juga bisa membuka toko offline di rumah. Namun, Anda harus menyediakan stok produk. Untuk itu, dalam metode ini, carilah supplier yang menerima pembayaran di akhir. Artinya, harga yang Anda bayarkan nantinya sesuai dengan jumlah produk yang terjual dan produk yang tidak terjual bisa dikembalikan atau ditukar.  Sebagai pebisnis pemula, manfaatkan setiap kesempatan. Jika Anda memiliki beberapa stok produk yang belum terjual, jangan segan membawanya ketika Anda bepergian bersama teman atau keluarga. Jangan ragu memasarkan produk yang Anda jual pada orang terdekat. Cara kreatif ini sangat penting untuk meminimalisir kerugian, terlebih jika Anda telah membayar semua produk di awal kepada supplier.

 

Maksimalkan interaksi dengan customer atau calon customer jika Anda lebih aktif di media sosial. Jangan malas meng-upload foto produk setiap hari. Customer juga akan melihat bagaimana Anda serius dalam berjualan. Jika Anda berpromosi setiap hari, ini member kesan bahwa toko Anda selalu aktif dan siap menerima order.  Selain itu, cermat dalam menentukan keuntungan sangat penting. Di awal, Anda bisa menentukan profit yang tidak terlalu besar. Namun, jangan sampai ada bagian modal yang tidak dimasukkan dalam harga. Hitunglah harga beli per item ditambah ongkos kirim yang Anda keluarkan untuk mendatangkan barang dari supplier ke toko Anda. Kemudian, barulah tentukan profit per item ditambah ongkos kirim yang harus dibayarkan customer Anda.

 

Tips menjalankan bisnis reseller bagi pemula selanjutnya adalah mencari ekspedisi yang berkualitas dan memiliki performa yang baik. Tentunya, performa sebuah perusahaan ekspedisi saat ini lebih mudah diketahui karena semakin banyaknya pelaku bisnis online. Jangan ragu mengikuti setiap review sebuah ekspedisi dari customer lain. Jangan terlalu mengutamakan harga murah karena bagaimanapun kualitas pelayanan sangat penting untuk mendapatkan respon positif customer. Tarif pelayanan yang murah cenderung overload sehingga ada kemungkinan pengiriman Anda terbengkalai. Kasus seperti ini sudah sering terjadi di dunia bisnis online.

 

Soft-selling sangat penting Anda terapkan untuk meningkatkan penjualan. Yang dimaksud dengan soft-selling sebenarnya adalah semacam promosi namun dengan sedikit menyamarkan tujuan promosi Anda. Misalnya Anda menjual pakaian anak maka soft-selling yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengupload foto anak Anda dengan pakaian tersebut dan menuliskan caption yang sama sekali tidak mengandung promosi. Namun, di bagian akhir Anda menulis merk produk dan beri keterangan bahwa Anda menjual produk pakaian tersebut. Cara promosi seperti ini cenderung lebih santai dan tidak membuat jenuh calon customer.

 

Demikianlah tips menjalankan bisnis reseller bagi pemula yang perlu diterapkan. Ingatlah bahwa merintis sebuah bisnis baru bukan berarti Anda harus mengeluarkan banyak modal. Trik menjadi reseller dalam artikel ini dapat manginspirasi masyarakat yang ingin menjadi pebisnis tanpa harus menghasilkan atau memproduksi barang sendiri. Poin pentingnya adalah konsisten dalam menjalankan bisnis yang sudah dipilih. Jika toko Anda sudah cukup dikenal sebagai toko yang menjual produk pakaian anak, jangan tiba-tiba mengganti produk karena ini sama dengan merintis kembali bisnis Anda dari awal. Jagalah kepercayaan supplier dan konsumen. Jika terjadi gangguan dalam proses pengiriman barang, Anda hendaknya menyampaikan langsung pada konsumen agar mereka tidak terlalu kecewa. Sesekali jangan ragu untuk memberikan giveaway kepada customer. Cara ini sangat efektif untuk membuat online shop Anda semakin terkenal.

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tips Menjalankan Bisnis Reseller Bagi Pemula

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in
%d bloggers like this: