Menggunakan prinsip 3R dalam pengolahan limbah anorganik, yaitu reduce (mengurangi), reuse (menggunakan kembali), recycle (mendaur ulang) maka barang bekas dapat menjadi sesuatu yang bermanfaat lagi. Usaha dari memanfaatkan barang bekas sudah mulai menjamur seiring berkembangnya kesadaran masyarakat terhadap lingkungan. Selain untuk lingkungan, usaha tersebut dapat menjadi bisnis yang menguntungkan bagi yang dapat berkarya melalui barang bekas. Untuk mengolah menjadi sesuatu yang bermanfaat tersebut maka dapat juga dengan melihat peluang bisnis yang ada.

 

Manfaat dari Usaha Mengolah Barang Bekas

Barang bekas yang dimanfaatkan lagi sangat berkaitan dengan 3R. Reduce (mengurangi) artinya dengan memanfaatkan barang bekas maka akan meminimalisir barang yang tidak digunakan agar tidak hanya menjadi sampah. Reuse (menggunakan kembali) artinya barang yang sekiranya masih layak untuk dipakai maka tidak langsung dibuang tetapi diusahakan untuk digunakan kembali. Terakhir ada rycylce (mendaur ulang) yaitu proses mengolah limbah anorganik menjadi sesuatu yang bermanfaat dan berdaya beli. Upaya melakukan daur ulang dapat menjadi sebuah industri rumah tangga yang menghasilkan. Tidak hanya sebagai wadah yang menghasilkan tetapi juga dapat untuk menyalurkan kreativitas dalam berkarya.

 

Selain bertujuan untuk menerapkan 3R, usaha dari memanfaatkan barang bekas juga memiliki beberapa tujuan yang bermanfaat. Mengurangi polusi lingkungan menjadi efek positif dari pemanfaatan barang bekas. Dunia ini semakin berkembang, tidak hanya iklimnya yang mengalami perubahan tetapi juga perubahan terhadap jumlah manusia. Jumlah manusia yang semakin banyak berarti sampah yang dihasilkan pun akan semakin banyak pula. Sampah yang dihasilkan juga sebagian besar adalah limbah anorganik yang memiliki daya urai yang sangat lama jika dibuang begitu saja. Apalagi jika sampah tersebut banyak yang terpendam dalam tanah maka akan mencemari tanah bahkan air sehingga merusak humus tanah dan kualitas air. Berdasarkan kondisi tersebut maka usaha dari memanfaatkan barang bekas menjadi solusi yang baik untuk menyelamatkan bumi agar tetap asri.

 

Menjadi wadah untuk berkreasi dan mengasah kreativitas juga menjadi tujuan memanfaatkan barang bekas. Beberapa barang bekas dapat dikreasikan menjadi sesuatu yang unik dan indah jika memiliki kreativitas dalam mengolah barang. Inspirasi untuk mengolah barang tersebut dapat diperoleh dengan melihat hasil karya orang lain yang sudah dahulu mendaur ulang barang bekas. Terutama jika di daerah sekitar banyak dijumpai limbah anorganik yang belum termanfaatkan maka dapat dijadikan peluang untuk berkreasi dan menciptakan sesuatu yang baru.

 

Dengan memanfaatkan kembali barang bekas maka akan tercipta sesuatu yang lebih berdaya guna dan bernilai jual. Jadi, barang bekas yang sudah diolah lagi tersebut dapat dikomersilkan dan akan memberikan penghasilan yang menguntungkan. Tidak perlu modal yang besar untuk mengolah barang bekas agar dapat menarik minat orang lain. Komponen utama yang digunakan hanya berasal dari limbah anorganik. Kemudian ditambah dengan peralatan lain untuk membuat barang bekas tersebut menjadi lebih menarik dan berguna.

 

Jika usaha yang dijalankan mulai berkembang pasti akan membutuhkan bantuan dari orang lain. Dengan keadaan tersebut maka harus merekrut pegawai yang bekerja untuk mengatasi permintaan dari pasar. Perekrutan pegawai ini dapat dengan mengandalkan ibu-ibu rumah tangga atau tetangga sekitar yang belum bekerja. Hal ini dapat menjadi pekerjaan sampingan yang  menghasilkan bagi mereka. Mereka juga mendapat ruang dan ilmu yang bermanfaat untuk berkreasi dan mengolah kreativitas yang dimilikinya. Begitu banyak manfaat yang diberikan jika dapat mengolah barang bekas. Tidak hanya rupiah yang didapat tetapi juga sebagai bentuk upaya pelestarian untuk lingkungan.

 

Barang Bekas yang Bernilai Ekonomi

Barang bekas yang yang berasal dari limbah anorganik biasanya sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Botol merupakan benda yang sering dijumpai dan digunakan. Hampir di kotak sampah biasanya ada botol yang sudah terbuang. Botol ini jika diolah lagi dapat memberikan keuntungan. Apalagi sekarang banyak bisnis minuman kemasan yang menggunakan botol. Pemanfaatan botol baik plastik maupun kaca dapat diolah menjadi bermacam-macam. Untuk botol plastik dapat dimanfaatkan sebagai hiasan dinding, pot tanaman, tempat pensil, vas bunga, bunga, tas, maupun spray tanaman. Botol kaca juga pemanfaatannya hampir sama dengan botol plastik tetapi biasanya juga dapat dimanfaatkan sebagai bingkai untuk lampu dan meja hias. Untuk pecahan dari botol kaca dapat dijadikan hiasan meja bahkan lukisan mozaik. Ada juga kaleng bekas yang dapat diolah menjadi berbagai macam kerajinan. Kaleng bekas yang dapat dimanfaatkan ini bisa dari kaleng susu bubuk, kaleng minuman, kaleng cat, dan kaleng makanan. Pemanfaatan kaleng umumnya dikreasikan sebagai tempat pensil dan tempat sendok. Jika diolah lebih lanjut dapat dijadikan kerajinan seperti miniatur mainan, lampu hias, celengan, hingga dibuat patung pajangan.

 

Kantong plastik banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kemasan-kemasan makanan, minuman, maupun benda-benda di sekitar kita juga banyak yang memiliki unsur plastik. Plastik ini dapat diubah menjadi sesuatu yang bermanfaat seperti tas, dompet, baju dan map file. Untuk sedotan plastik dapat dijadikan hiasan bunga yang indah dan lampu kristal. Selain plastik, yang memiliki banyak manfaat di sekitar kita adalah kertas. Kertas ini dapat berasal dari buku, koran, majalah, maupun tumpukan kertas pekerjaan yang sudah tidak digunakan. Kertas jika dikreasikan dapat menjadi hiasan dinding, frame foto, tong sampah, bahkan sandal. Usaha dari memanfaatkan barang bekas ini, jika diolah lagi menjadi bubur kertas dapat dibuat kerajinan topeng dan gips. Dapat juga dimanfaatkan untuk seni melipat kertas seperti origami yang dapat dibuat bunga maupun miniatur suatu benda. Berkaitan dengan kertas, ada kardus yang bahan utamanya juga kertas. Kardus ini dapat dibuat menjadi tas, pigura, kotak kado, dompet, tempat paspor bahkan cover untuk buku notes. Selain origami ada juga seni yang mengandalkan kardus bekas untuk dijadikan piranti dalam video yang dikenal dengan nama stop motion paper. Kardus bekas tersebut diolah dengan berbagai macam karakter yang kemudian akan difoto lalu diedit menjadi sebuah video yang menarik.

 

Dunia fashion selalu berkembang apalagi jika berkaitan dengan model busana yang selalu up to date dari masa ke masa. Kondisi tersebut membuat para penjahit maupun industri konveksi banyak yang menghasilkan limbah kain. Sisa-sisa kain ini dapat diolah menjadi produk kerajinan yang berguna seperti cover bantal dan guling, sprei dan selimut, taplak meja, keset lantai, bahkan boneka. Untuk dijadikan pelengkap fashion lagi pun juga bisa seperti tas, dompet, bros pita, maupun pakaian.

 

Ban bekas juga dapat dimanfaatkan sebagai bisnis kreatif seperti pot bunga, sofa, kursi, dan meja. Jika pemanfaatan ban bekas tersebut digunakan di cafe maka akan membuat tempat tersebut menjadi lebih kekinian. Pemanfaatan kayu bekas juga hampir sama dengan ban bekas dan dapat juga dijadikan sebagai rak serbaguna, ranjang, dan gantungan baju. Usaha dari memanfaatkan barang bekas banyak macamnya tergantung bagaimana kemampuan untuk mengeksplorasi barang bekas tersebut agar menjadi sesuatu yang bernilai jual tinggi.

Post Your Thoughts

%d bloggers like this: