Bisnis rumahan menjadi trend dan solusi menghadapi berbagai masalah terkait dengan pekerjaan dan tenaga kerja. Mencari pekerjaan menjadi hal yang sulit jika kita tidak memiliki skill maupun kemampuan dengan baik. Perusahaan dan berbagai lowongan pekerjaan mencari pegawai dengan selektif. Oleh karena itu, banyak pengangguran bertebaran dimana-mana. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena ada banyak peluang usaha yang menjadi solusi permasalahan tersebut. Dunia kerja memang keras tanpa memandang pendidikan seseorang, karena seorang sarjana pun belum tentu mendapatkan pekerjaan sesuai yang diinginkan. Apabila membuka usaha sendiri, Anda akan menciptakan lapangan kerja untuk diri sendiri bahkan orang lain. Ada macam-macam pilihan usaha modal kecil untuk Anda.

 

Peluang Usaha yang Mudah Dijalankan untuk Pemula

Seorang pengusaha sukses tidak didapatkan secara instan karena mereka berawal dari bawah. Pengusaha harus tahu tentang resiko dan berani mengambil resiko. Bukan hal yang mustahil jika pernah mengalami kegagalan. Namun, yang terpenting adalah bagaimana bangkit dari kegagalan tersebut. Usaha bisa dimulai dari bisnis rumahan yaitu bisnis yang dilakukan di rumah. Ada berbagai macam bisnis yang bisa dilakukan di rumah. Oleh karena itu, usaha ini dinamakan usaha modal kecil. Jadi, Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam bahkan sampai pinjam uang. Anda pun tidak harus pergi ke tempat usaha karena tempat usahanya di rumah Anda sendiri.

 

Ada banyak hal yang bisa dijadikan sebagai peluang usaha. Orang yang kreatif adalah orang yang dapat memanfaatkan kesempatan di dalam kesempitan. Sebenarnya apa saja sih usaha yang bisa dilakukan? Apakah usaha tersebut cocok untuk fresh graduate? Pertanyaan-pertanyaan ini sering muncul pada orang yang ingin membuka usaha namun masih bingung usaha apa yang akan dilakukan. Banyak juga pegawai yang penghasilannya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga sehingga mencari bisnis sampingan. Pertama yang harus Anda pikirkan adalah menyediakan apa yang dibutuhkan oleh banyak orang. Barang atau jasa yang akan menjadi produk usaha harus barang atau jasa yang paling sering dicari oleh masyarakat. Dengan begitu, meskipun membuka usaha modal kecil namun Anda tetap dapat berkembang.

 

Peluang bisnis yang menjamin adalah berbisnis kuliner dan fashion. Setiap orang membutuhkan makan dan pakaian. Saat ini ada banyak jenis makanan dan sudah banyak restaurant atau warung makan. Namun, Anda tetap dapat menjalankan usaha rumahan dalam bidang kuliner jika mau berkreasi. Artinya, Anda harus berani berbisnis dengan ciri khas yang berbeda dari lainnya. Anda bisa membuka warung kopi di depan rumah. Di warung tersebut juga disediakan snack kecil-kecilan sebagai teman ketika minum kopi. Warung ini bisa menjadi tempat persinggahan para pengendara yang melewati depan rumah. Warung ini juga bisa menjadi tempat bagi mereka yang ingin bersantai  dengan budget yang minimalis. Kemampuan Anda dalam membuat gorengan bisa diterapkan pada warung ini.

 

Selain membuka usaha warung kopi, Anda pun bisa membuka usaha kuliner dengan cara yang berbeda. Apabila suka membuat kue, justru Anda bisa mengembangkan hobi dengan berjualan kue. Baik itu kue-kue kering maupun kue basah seperti cake. Usaha rumahan ini tidak membutuhkan modal yang besar. Modal yang diperlukan hanya untuk membeli oven. Banyak oven berkualitas dengan harga yang murah. Sebelum benar-benar membuka usaha ini, Anda bisa mempromosikannya pada tempat-tempat umum dengan membawa produk. Misalnya di alun-alun maupun di pasar. Caranya yaitu dengan memberikan sampel gratis kepada orang-orang yang ada di tempat umum tersebut. Lalu jangan lupa berikan pamflet atau kartu nama. Usaha ini juga bisa menjadi bisnis sampingan. Promosi tidak hanya dilakukan secara langsung namun juga melalui media sosial. Anda harus gencar melakukan promosi bisnis online dan pandai membuat kalimat-kalimat promosi untuk menarik hati calon konsumen.

 

Peluang bisnis dari rumah yang tidak memerlukan model besar sangat beragam. Meskipun tidak mengeluarkan modal yang besar, Anda harus memiliki modal yang lainnya yaitu modal semangat. Anda tidak boleh berputus asa dalam berusaha. Berjualan pulsa elektrik menjadi salah satu pilihan yang tepat sebagai usaha sampingan. Dimana saja akan ada konsumen yang akan membeli pulsa lalu Anda langsung bisa mengirimnya. Berjualan pulsa elektrik tidak harus membuka konter. Modal yang diperlukan adalah pulsa dan handphone. Handphone jenis apapun bisa digunakan untuk usaha ini. Apalagi setiap pengguna handphone pasti membutuhkan pulsa, baik pulsa reguler maupun pulsa internet. Anda pun bisa sekalian menjual pulsa listrik. Jadi, menjual pulsa akan selalu ada konsumen meskipun bisnis ini mendapatkan untung yang sedikit demi sedikit.

 

Bisnis rumahan dari segi fashion tidak ada matinya. Usaha ini sudah banyak saingannya, namun setiap saat orang-orang membutuhkan fashion. Sehingga meskipun banyak yang sudah membuka usaha ini, Anda tetap dapat menarik konsumen dengan cara yang kreatif. Nah, jika modal untuk melakukan bisnis ini sangat minim, Anda bisa menjadi dropshipper. Bahkan Anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk membeli barang-barang dagangan. Anda hanya bermodalkan kuota internet saja lalu memasarkan pakaian secara online. Anda harus membuat iklan yang bagus. Selain itu, Anda juga harus menjaga kepercayaan para konsumen. Salah satunya dengan memilih suplier yang tepercaya. Bisnis online fashion tidak hanya menyediakan pakaian saja, namun Anda bisa menyediakan sepatu, sandal, dan tas. Target bisnis Anda adalah usia 20 tahun ke atas atau mulai dari mahasiswa sampai pegawai dan ibu rumah tangga. Meskipun tidak menutup kemungkinan peluang usaha ini memiliki konsumen usia pelajar.

 

Jika Anda menyukai dunia tulis-menulis, Anda bisa membuka bisnis online sebagai jasa penulis online. Ada banyak agensi yang membutuhkan jasa penulis freelance, sehingga Anda masih bisa bekerja dari rumah. Usaha ini bisa menjadi pekerjaan utama maupun usaha sampingan. Tentu saja usaha ini disesuaikan dengan waktu yang Anda miliki setiap hari agar pesanan bisa selesai sesuai dengan waktunya. Usaha ini hampir sama dengan membuka usaha jasa penerjemah freelance. Anda bisa menjadi penerjemah dengan menerima pesanan secara online. Pembayaran dilakukan melalui transfer ke rekening bank.

 

Ada yang menarik dari bisnis yang satu ini yaitu membuka jasa jual beli barang bekas. Barang bekas yang dijual tentu yang masih memiliki kualitas baik dan tahan lama. Produknya tidak terbatas hanya satu jenis produk saja. Misalnya pakaian, barang elektronik, tas, novel, dan lain sebagainya. Anda bisa memilih fokus pada salah satu contoh bisnis barang bekas ini atau mengambil beberapa spesifikasi produk usaha rumahan. Anda pun harus melakukan promosi secara terbuka, baik secara langsung maupun online. Promosi ini untuk menarik orang yang akan menitipkan barang bekasnya dan untuk menarik konsumen. Bisnis ini akan menjadi bisnis utama jika dikembangkan dengan maksimal atau bisa dijadikan bisnis sampingan jika mempunyai pekerjaan tetap.

 

Itulah beberapa jenis peluang bisnis yang bisa dijalankan di rumah dengan modal terbatas. Ada beberapa usaha yang bisa dilakukan secara freelance. Namun jika Anda fokus pada bisnis tersebut, tidak mustahil jika bisnis tidak hanya menjadi usaha sampingan saja. Usaha yang berawal dari modal kecil tersebut bisa menjadi usaha yang besar dan sukses.

Post Your Thoughts

%d bloggers like this: